Masya Allah...!!! Inilah Amalan yang Tak Disadari Bisa Gugurkan Pahala Puasa

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Allah SWT menjadikan Ramadan bulan yang penuh berkah dan melimpahnya ampunan. Karena itu, umat Islam begitu bergembira menyambut datangnya bulan ini. Sambutan itu ditunjukkan dalam bentuk pelbagai ibadah, utamanya adalah puasa selama satu bulan penuh.

Amalan yang Tak Disadari Bisa Gugurkan Pahala Puasa

Tidak hanya itu, umat Islam menjadikan Ramadan sebagai ajang peningkatan iman dan takwa kepada Allah SWT. Hal itu dijalankan melalui pelbagai macam ibadah lain seperti menjalankan sholat tarawih, memperbanyak zikir, memperbanyak membaca Alquran, dan sebagainya.

Alquran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Maka tiada musibah yang lebih besar dari perginya bulan Ramadan.

Jika langit dan bumi saja menangis untuk umat Nabi
Muhammad SAW, maka lebih-lebih umatnya harus menangis dan menyesal karena terputusnya segala karunia dan kemuliaan serta kebajikan-kebajikan yang terkandung dalam bulan Ramadan.

Seorang yang bijaksana harus mengetahui kebesaran dan kemuliaan bulan Ramadan sambil menjaga dan membersihkan diri. Tidak ada jaminan apakah kita akan berjumpa dengan Ramadan yang akan datang atau tidak, dan kita harus mewaspadai dari sifat-sifat yang akan mengurangi kualitas ibadah puasa kita yang mengakibatkan kurangnya pahala atau sirna sama sekali.

Karenanya, jauhilah ghibah, karena ghibah akan menggugurkan pahala puasa kita, bahkan menurut sebagian ulama dapat membatalkan puasa.

Muslim perlu mengoptimalkan semangat ibadah dalam Ramadan ini, tapi hati-hati jangan sampai terjerumus dalam riya' dan ujub. Misalnya menulis di media sosial terkait ibadah yang kita jalani.

Meskipun hal tersebut tidak dilarang (haram), tetapi menutup pintu riya' dan ujub jauh lebih baik.

http://www.dream.co.id/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Masya Allah...!!! Inilah Amalan yang Tak Disadari Bisa Gugurkan Pahala Puasa "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.